RAMADHAN TELAH DATANG

>> Thursday, August 13, 2009

1. PUASA RAMADHAN ADALAH SEBUAH KEWAJIBAN
Netter yang budiman, puasa ramadhan adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh tidak harus kita kerjakan, Allah telah memerintahkan kepada seluruh orang-orang yang beriman untuk mengerjakan ibadah puasa lewat firmanNya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". ( QS. Al Baqarah : 183 )

Dari ayat di atas dapat kita simpulkan bahwa berpuasa pada bulan ramadhan adalah sebuah kewajiban atas setiap muslim, termasuk netter.
Sebagai kewajiban, tentunya ada implikasi yang terjadi ketika kita mengerjakan kewajiban tersebut atau kita meninggalkan kewajiban itu. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang sengaja meninggalkan puasa tanpa alasan maka tidak ada penebusan dosa atas puasa yang ditinggalkannya itu mesti dia berpuasa seumur hidup.
Dan disisi lain Allah SWT mengatakan bahwa berpuasa akan mengantarkan kita kepada sebuah keutamaan yang selalu dinantikan oleh setiap muslim yaitu takwa. Dan apa yang terjadi ketika kita meningggalkan puasa dengan sengaja, tentunya karena ini sebuah kewajiban maka seseorang yang meninggalkan puasa tanpa alasan yang diperbolahkan oleh agama untuk tidak berpuasa maka dosa yang pasti akan didapatkannya.
Ada beberapa orang yang boleh meniggalkan puasa :
a. Orang yang sedang dalam perjalanan
b. Perempuan yang haid, nifas, menyusui
c. Orang yang sedang sakit
d. Orang tua
Kalau netter bukan dari golongan di atas maka netter harus ngerjain puasa, dan tidak boleh ada alasan untuk tidak berpuasa.

2. AMALAN-AMALAN SAAT BERPUASA
Puasa Ramadhan adalah sebuah ritual yang harus dipersiapkan dan dilakukan dengan penuh keikhlasan. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa ibadah ini harus dijalankan selama sebulan penuh maka kita harus mempersiapkan amalan-amalan apa saja yang harus kita lakukan saat berpuasa nantinya. Nah, ada beberapa amalan yang mudah untuk kita lakukan agar ibadah puasa kita mendapat nilai plus+plus dihadapan Allah SWT.
Nih saya berikan beberapa amalan-amalan yang harus netter laksanakan saat bulan puasa nantinya :
a. Mulai sekarang cari deh al-Qur'an mini yang bisa netter bawa kemana-mana, jadi setiap saat dan dimanapun netter dapat membaca kitab suci al-Qur'an. Contohnya ketika netter nugguin bus di halte, netter bisa buka al-Qur'an mini dan mulai deh membaca ayat-ayat Allah tersebut. Atau untuk lebih memudahkan, netter bisa download aplikasi al-Qur'an untuk HP netter. Gampang toh…..!
b. Yang kedua, netter mulai deh siapin uang recehan dikantong netter. Setelah membaca blog ini netter harus memperbanyak shadaqah dan infaq kepada orang-orang yang lebih susah dan lebih memerlukan. Lebih baik sih jangan recehan, kalau bisa pecahan seratus ribuan! Tapi, untuk membiasakan diri kita terhadap shadaqah dan infaq di bulan yang ganjarannya di lipat gandakan, biasakan dengan yang kecil dan rutin setiap hari, nggak ada gunanya lagi ngasi fakir miskin seratus ribu tapi cuma setahun sekali. Mending recehan tapi terus menerus, iya toh.
c. Asyiknya puasa adalah tarawih, nah mulai sekarang netter harus membiasakan diri untuk berada di masjid dekat rumah netter. Maksudnya gini, kalau habis shalat isya biasanya langsung pulang, nah mulai sekarang netter biasakan shalat sunnat beberapa raka'at deh untuk membiasakan diri.
d. Sahur yuk sahur, hehehe nih sahur emang enak kalau netter masih tinggal dengan orang tua, tapi bagi yang nge kost atau yang udah nggak tinggal ama ortu alias tinggal sendirian, nih sahur bisa berabe kalau enggak dipersiapkan dan dibiasakan dari sekarang. Saya biasanya di bulan Sya'ban udah mulai tuh beli weker yang nyaring dan mulai di set pukul 03.00 pagi, jadi mulai latihan dan sekalian tahajjud. Jadi, udah mulai terbiasa saat sahur di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Asyk toh……!
e. Bagi netter yang tinggal jauh dari ortu alias ngekost atau ngontrak, mulai sekarang rajin-rajin deh beliin tetangga atau teman-teman kost jajanan yang murah meriah, mudah-mudahan entar puasa ada berkahnya. Salah satu berkah yang di dapat dengan silaturahim adalah netter dapat tajilan gratiss dari tetangga atau teman kostnya. Heheheheh
f. Nah, karena bulan puasa itu memerlukan energi yang besar, dan jangan sampai karena berpuasa netter jadi mengurangi aktifitas netter seperti biasa, yah netter harus rajin-rajin olah raga dan menjaga kesehatan netter. Sip toh.

3. KEUTAMAAN BERPUASA
Ada beberapa keutamaan dan kelebihan puasa yang harus netter ketahui agar memotifasi kita semua dalam mengerjakan ibadah ini:
a. Berpuasa akan menghapuskan dosa-dosa netter, seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. Mau dong!!! Apalagi dosa-dosa kita udah nggak kehitung jumlahnya, jadi lewat puasa mari kita bersihkan dosa kita….
b. Berpuasa adalah sebuah latihan terhadap kepedulian kita terhadap orang lain yang hidup dalam kelaparan dan kemiskinan. Netter bayangkan betapa susahnya dan laparnya ketika netter sedang berpuasa dari fajar hingga terbit matahari, padahal netter sahur dan berbuka dengan berbagai hidangan yang lezat. Tapi netter harus juga sadar bahwa di tempat lain ada orang yang lapar bukan karena puasa, tapi karena memang tidak mampu untuk membeli makanan karena kemiskinan mereka. Nah, puasa adalah sebuah latihan untuk merasakan penderitaan orang lain dan peduli terhadap penderitaan orang lain.

Yah, cuma ini yang dapat saya tulis,,,,, semoga bermanfaat untuk kita semua
Amin Ya Rabbal ‘Alamin

0 comments:

About This Blog

Blog ini berisikan tentang karya-karya saya dalam usaha mencoba menulis puisi hati yang ingin dan mencoba mendekatkan diri saya kepada Tuhan

Puisi Ilahi

Puisi Ilahi
Face Book Group

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  © Islamic Ways Happy by Journey To Heaven 2008

Back to TOP